Skip to main content

Sering Gugup Saat Berbicara Di Depan Umum?

Gugup dan panik kadang masih menjadi sebuah ketakutan ketika kita berbicara di depan umum. Tidak jarang perasaan gugup muncul ketika akan berbicara di depan umum. Tubuh terasa gemetar, keringat yang berlebihan, dan akhirnya semua yang telah dipersiapkan menjadi buyar. 
Penyebab gugup saat berbicara di depan umum, yaitu:
Beberapa cara agar tidak gugup, sebagai berikut:
1. Berpikir positif, saat berbicara di depan umum cobalah untuk selalu berpikir positif. Hal ini akan membantu kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri, serta apabila dalam suatu presentasi, maka materi yang telah kita persiapkan sebelumnya dapat tersampaikan dengan baik. 
2. Memahami Hal yang Ingin Disampaikan, sebelum berbicara di depan umum, pastikan kamu memahami materi apa yang akan disampaikan. Dengan begitu, kamu bisa menyampaikannya dengan lancar di depan banyak orang. 
3. Tampil dengan Pakaian yang Cocok, apa yang kamu kenakan dapat menimbulkan kesan pada orang yang menonton. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan lokasi atau acara yang akan kamu bawakan. Bila kamu menggunakan pakaian yang tepat, kamu tidak akan merasa gugup atau cemas mengenai kesan apa yang akan kamu timbulkan saat berbicara di depan umum dan hal tersebut juga dapat menambah percaya diri kamu. 
4. Lawan Rasa Malu, salah satu untuk menumbuhkan rasa percaya diri adalah dengan melawan rasa malu, karena perasaan malu justru menghambat kamu untuk berbicara dengan maksimal di depan umum. Contohnya: anggap saja orang yang sedang menonton adalah temanmu sendiri, sehingga kamu bisa berkomunikasi dengan santai. 
5. Lakukan Persiapan Sebaik Mungkin, sebelum tampil di depan umum, sebaiknya kamu lakukan persiapan sebaik mungkin, seperti mempersiapkan materi yang akan di tampilkan, peralatan yang mendukung, dan tentunya penampilan kamu. 
6. Jangan Berfokus Pada Kesempurnaan, saat berbicara di depan umum jadilah diri sendiri, jangan terobsesi tampil dengan sempurna sehingga tidak menjadi diri sendiri, yang penting adalah materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik. 
7. Selalu Berlatih, latihan adalah kunci sukses. Kamu bisa berlatih di depan cermin atau rekam cara kamu berbicara. Makin sering berlatih, semakin terbiasa dan gugup akan berkurang. 
8. Jangan Takut Gagal, Kegagalan adalah bagian dari proses belajar. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Setiap pengalaman public speaking akan membuatmu semakin baik dan percaya diri di masa depan.

Comments

Popular posts from this blog

Aturan Mendirikan Bangunan

Sulit ga sih menjalankan suatu Perusahaan Properti?  Jika dibilang sulit, tentu saja sulit, karena segala yang dijalankan harus berdasarkan aturan hukum.  Tidak hanya memerlukan modal yang cukup besar, bahkan dalam menjalankan suatu perusahaan properti memerlukan waktu yang cukup lama. Mulai dari konsultan, pengadaan lahan, konstruksi dan pembangunan, pengembang, pemasaran bahkan sampai pemeliharaan properti. Untuk mendirikan suatu bangunan harus memperhatikan peraturan daerah masing-masing, sebagai contoh di Kabupaten Badung, suatu aturan terkait luas lahan untuk pembangunan hotel dan kondotel, ini terdapat dalam Peraturan Bupati Badung, Nomor 36 Tahun 2014 dalam Pasal 2 menyebutkan: "Luas lahan untuk pembangunan hotel dan kondotel untuk wilayah Kecamatan Kuta ditetapkan minimal seluas 50 (lima puluh) are, wilayah Kecamatan Kuta Utara minimal 75 (tujuh puluh lima) are dan untuk wilayah Kecamatan Kuta Selatan ditetapkan minimal 100 (seratus) are".  Lalu, bagaimana

MENGENAL ISTILAH DALAM PERJANJIAN INVESTASI

Mau Melakukan Investasi? Jangan Lupakan Perjanjiannya!  Investasi merupakan kegiatan menanamkan modal baik secara langsung atau tidak dengan tujuan pemilik modal/investor akan memperoleh sejumlah keuntungan dari hasil penanaman dan perputaran modal tersebut. Sebelum melakukan investasi di suatu perusahaan, investor juga harus membuat perjanjian terlebih dahulu. Dalam hukum perjanjian dianut asas kebebasan berkontrak sehingga para pihak yang akan membuat perjanjian investasi dibebaskan untuk menentukan apa saja ketentuan yang perlu ada di dalam perjanjian investasi. Beberapa istilah dalam perjanjian investasi, sebagai berikut:  1. PERJANJIAN INVESTASI , terdiri dari pemberian modal investasi oleh PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA untuk biaya operasional, pengelolaan dan investasi selanjutnya dalam pembangunan properti 2. DASAR KEPEMILIKAN , yang menjadi alas hak PIHAK KEDUA dalam melakukan kegiatan usaha pada properti 3. LOKASI , adalah tempat PIHAK KEDUA melaksanakan kegiatan usahanya d

Yuk, Biasakan Mengucap Kata Tolong, Maaf, dan Terima Kasih

     Seringkali kita mengabaikan kata maaf, tolong, dan terima kasih. 3 kata ini sangat penuh dengan makna, namun banyak yang masih menyepelekan kata tersebut. Meskipun kata tersebut sederhana, namun 3 kata tersebut memiliki dampak besar yang positif dalam hubungan bersosialisasi, serta melatih kita untuk belajar menghargai orang lain juga diri sendiri.  MAAF , kita sering bersikap santai dengan orang yang udah deket, kalau kita salah pun, rasanya kayak "yasudahlah" dan males buat minta maaf, malah bilang "dih baper banget". Padahal dia sakit hati sama sikap kita. Minta maaf ga susah, belajarlah untuk menghargai orang lain.  TOLONG , kata tolong wajib banget dipakai kalau kita butuh bantuan orang lain, kalau pakai kata "tolong" orang bisa lebih merasa dihargai dan lebih senang buat bantu kita.  TERIMA KASIH , jangan pernah gengsi untuk mengucapkan terima kasih, itu untuk menghargai bantuan yang mereka kasih, bisa jadi karena ucapan terima kasih, bantuan ya